Jumat, 31 Mei 2013

LOS MORENOS







LOS MORENOS...

Akhir thn.50’an, namanya sudah dikenal di kota Bandung masih dengan tampilan EL’DOLORES COMBO/pimp.Rudy Rusadi masih menyuguhkan irama Latin dengan personil awal al: Rudy Rusadi, Wim Bustami, Dudung A.S, Said Salmin, Zulkarnaen Roman. Kelompok ini pernah menyempatkan menghipnotis penonton berkolaborasi bersama band Ternama ARULAN menyuguhkan lagu ‘Marlina’ melibatkan aktris cantik bak dewi kahyangan ‘Widyawati’ hanya kebagian duduk manis dengan latar belakang posternya yang maha dahsyat, pencahayaan lampu menggugah hati untuk tidak ingin berkedip ditunjang oleh suara emas dari sang vokalis Rudy Rusadi, menambah suasana menjadi gegap gempita. Itulah salah satu kehebatan Los Morenos yang luput pemberitaan, namun sangat membekas dibenak sebagian yang menjadi sejarah kehadiranmu bersama Band Arulan memberi yang terbaikmu.

(Flash back) Era thn 60’an hijrah ke Ibu Kota Jakarta atas rujukan Bapak Hadi Thayib sebagai band Pertamina, mengemas tampilan baru bernama LOS MORENOS. Kemudian dengan personel tambahan (secara Acak) al: ‘Cucung/Perkusi, Rudy Rusady/Leader&Vokal, Dudung AS/Gitar, Said Salmin/Kyboard&Vokal, Max Sapulete/Drum, Munif Bahasuan/Vokal, Rio Morena Rusadi/Piiano,Cucung/Conga, Nana Suryana &Ferry Berhitu/Rythm, Chandra/Keyboard, Toto & Ating/Bass & Donny Hardono (baru bergabung thn’80). Los Morenos hadir dengan menyuguhkan Lagu2 Pop Indonesia dan Daerah, dikemas tetap dalam Irama Latin dengan penikmat 'yang lain dari yang lain'. Kehadiran Los Morenos, memang hanya dari kalangan 'ningrat' non pribumi dan tamu2 Negara sebagai Musik pembuka bagi tamu2 kePresidenan di Istana dimasa era ORBA.

Adalah Pramaqua Recording yang meliriknya untuk membuat album rakaman dengan persembahannya seperti: Indahnya Cinta, La Curacha,Brondong garing, la Paloma, Salah Sasaran, Amapola, pembuktiannya bahwa kelompok ini ingin merambah penggemar musik latin diseluruh Nusantara. Kemudian Los Morenos menggandeng penyanyi cantik yang juga saat itu namanya menjulang sebagi Bintang Film 'Nanin Sudiar' sebagai vokalis di album rekaman berikutnya hadirkan sejumlah hits al: Anakku Sayang,Marlina, Gadis Berbaju Merah, dll di produksi borobudur Recording. Keberadaan Los Morenos dimasa itu memberi motivasi bagi kelompok Band lainnya, salah satunya Group Wanita THE SINGER'S/pimp.Neneng Salmiah mengawali kehadirannya lewat persembahan lagu ‘La Paloma dan Marlina’ yang disuarakan sang vokalis Tuty Thaher begitu dahsyat dan semua orang tak menyangka bahwa Band Wanita ini asli produk Indonesia dan menjadi langkahnya untuk diakui publik menggantikan kedudukan Dara Puspita yang berakhir.

Kemudian Los Morenos melenggang hadir dengan persembahan2 album2nya yang selalu mengemas dengan Irama Latin namun berCITRA dan RASA cita Indonesia dengan menyelipkan lagu2 Daerah, Dolanan & Nasionalisme seperti: Pak Pung Pak Mustafe,Aryati,Ampar-ampar Pisang,Nina Bobo,Soleram, Ayolah Mama,Sarinah, Selendang Sutra dll. Terakhir thn,2000an LOS MORENOS hadir berkolaborasi dengan penyanyi Diva 'Ruth Sahanaya' hadir di event 35 Tahun PERTAMINA dengan mengemas album yang khusus kalangan sendiri hadirkan lagu2 yang dulu hits al: Marlina, Melodie D'Amor, La Ploma, Aryati, Sepanjang jalan Kenangan, Sacala Tu A Bailar, dll, album ini juga hadirkan nama2 hebat seperti; Embong Rahardjo & Donny Hardono di produksi RAM Recording (Indie). Langkahmu telah hadirkan penerusmu tetap bertahta di Istana Merdeka sebagai yang terbaik, adalah Donny Hardono tetap sematkan jiwa Los Morones dengan tampilan kemasan Home Band mengusung nama ‘AUDIENSI BAND’ masih hadir memberi sentuhan musik dan lagu-lagu pop Indonesia, Lagu Nusantara dari Sabang sampe Marauke dan bahkan bersentuhan International.

Kini kami kehilanganmu, kehadiranmu sangat kami nantikan 'datanglah' wahai Los Morenos hibur kami dengan nyanyianmu yang dulu tak sempat kami nikmati sepenuh hati. Kami sungguh tak menyangka, terdengar kabar yang sangat menyesakkan dada bahwa beberapa darimu telah lebih dahulu menghadap sang khalik ‘Cucung, Rudy Rusadi, Said Salmin dan Dudung As yang terkenal dengan tiupan seruling mautnya telah wafat, Inna Lillahi Wa’Inna Ilahi Rojiun. Kini baru kami sadari bahwa hadirmu adalah pengobat rindu kami dengan 'genre' yang kau usung tetap milik kami Bangsa Dan IndonesiaMU..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar